pelitapapua.com

Merayakan Perdamaian

Berita Utama

Mentan & Bupati Teleconfrence Ditengah Panen Padi di Yabamaru.

Bupati Merauke sedang teleconfrence dari tengah sawah dengan mentri pertanian Yahsrul Yasin Limpo dari kantor kementrian Pertanian, Jakarta di areal sawah Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring Merauke.

MERAUKE, PELITA PAPUA.COM – Mentri Pertanian RI, Yahsrul Yasin Limpo dari Kantor Kementrian Pertanian, Jakarta dan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE, M.Si menggelar teleconference ditengah panen padi di Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Propinsi Papua, Selasa (12/5/2020).

“Bupati Merauke selamat siang dan silahkan sampaikan kondisi ketahanan Pangan Kabupaten Merauke ditengah wabah Covid 19 saat ini,” katanya disambut Bupati Merauke: “Siang pa Mentri, kami disini sedang musim panen.”

Dia melaporkan kepada Mentri Pertanian kalau ketahanan pangan Kabupaten Merauke persedian stok beras sangat aman. “Pa mentri sesuai denga konsep restorasi dibidang pertanian, khususnya persawahan di Merauke. Para petani kami sangat membutuhkan mesin Combine (mesin pemotong padi) sekitar 60 unit,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Mentan, Yahsrul Yasin Limpo mengakui kalau apa yang disampaikan bupati Merauke sudah dicatat. “Trima kasih pa Bupati atas penyampaiannya. Kami sudah mencatat semua kebutuhan yang disampaikan pa bupati,” katanya dalam teleconference itu.

Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE, M.Si, Ketua DPRD Merauke, Ir. benjamin Latumahina dan anggota Muspida sedang membawa mesin combine (pemotong padi) sebagai simbol panen padi musim tananm 2020.

Seusai Mentan dan Bupati Merauke menggelar teleconference dari Kantor Kementrian Pertanian dengan Bupati Merauke yang sedang mengadakan panen padi di Kampung Yabamaru dilanjutkan dengan dialog bersama warga Kampung Yabamaru.

Dalam dialog itu seorang warga meminta pihak perbankan yang menyediakan kredit usaha kecil kepada para petani melayani para petani dengan baik. “Bapak ibu pihak bank kami minta khusus perihal pelayanan di bank. Petani ini pahlawan bapak ibu,” ujarnya.

Sementara, Bupati Merauke kepada warga petani menyampaikan soal masalah harga dan kualitas beras sesuai dengan permintaan Bulog akan dibahas secara matang lagi sebelum disampaikan ke Mentan.

“Saya mohon izin dengan bapak ibu anggota dewan yang hadir saat ini. Saya kira kita harus fokus bahas masalah ini sampai tuntas antara eksekutif dan legislatif sebelum akhir bulan Mei ini sudah tuntas. Sehingga, kita tinggal bertatap muka dengan Mentan. Saya kira begitu bapa ibu ya,” ajaknya.

Setelah berdialog dengan warga petani, Bupati Merauke didampingi Ketua DPRD Merauke, Ir. Benjamin Latumahina, Kapolres Merauke, AKBP Agustinus Ary Purwanto, SIK dan Dandim 1707/ATW Merauke, Letkol Inf. Eka Ganta Chandra mengawali musim panen padi rendengan 2019/2020 di Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Propinsi Papua.

Prosesi itu ditandai dengan Bupati Merauke bersama Muspida memotong padi dengan menggunakan mesin combine yang disetir sendiri Bupati Merauke didamping driver mesin combine itu. (Del)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *