pelitapapua.com

Merayakan Perdamaian

Berita Utama Sosial Politik

Pelaksanaan Pilkada Merauke Diharapkan Bermartabat dan Bermutu.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH sedang menyampaikan keterangan pers usai menggelar sosialisasi PKPU Nomor 5 tahun 2020 sebagaimana tampak dalam gambar.

MERAUKE, PELITA PAPUA.COM – Komisioner KPU Merauke dan peserta sosialisasi mengharapkan masalah pemutahiran data pemilih dan tahapan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang di Kabupaten Merauke berjalan secara transparan, bermartabat dan bermutu.

Harapan itu terungkap dalam sesi tanya jawab, setelah komisioner KPU Merauke mensosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubaham ketiga atas Peraturan KPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan gubernur dan wakil, bupati dan wakil dan atau wali kota dan wakil wali kota, di Auditorium Swiss-belHotel Merauke, Kamis (25/6/2020).

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Bawaslu Kabupaten Merauke, Dukcapil Kabupaten Merauke, pengurus partai politik, TNI dan POlri, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan perempuan di Kabupaten merauke.

Menurut Ketua komisioner KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH, tujuan sosialisasi itu diharapkan semua stakeholder dan pengurus partai politik ikut berperan aktif dalam pelaksanaan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Merauke 9 Desember mendatang.

Sehingga,   proses pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang di Kabupaten Merauke berjalan lancar dan bermartabat. “Itu yang kami harapkan dalam sosialisasi ini dan warga masyarakat Merauke ikut terlibat secara aktif,” katanya.

Dia menyampaikan, selain tersebut juga sebelum KPU Merauke telah melakukan dan mengaktifkan kembali anggota PPD dan pelantikan anggota PPS. “Kami KPU sendiri sudah melakukan beberapa kegiatan seperti pengaktifan kembali anggota PPD, dan pelantikan anggota PPS. Hari ini kita sosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020,”  ujrnya.

Dikatakannya sosialisasi itu tidak terlepas dari tahapan Pilkada yang sempat tertunda akibat bencana non alam,  pandemi Covid-19. “Sosialisasi itu tidak terlepas dari perubahan PKPU yang lama dan baru akibat pandemic covid 19,” katanya.

Sosialisasi sedikit berjalan seru terkait pemutahiran data pemilih. Meski akhinya, semua peserta sosialisasi dan KPU Merauke bersepakat warga masyarakat, Kepala-Kepala Distrik, Kepala Kampung, RT/RW  ikut terlibat secara aktif memperbaiki data pemilih pada tahapan pemutahiran daftar pemilih sementara.

“Moment yang tepat untuk memperbaiki data pemilih itu pada saat pemutahiran daftar pemilih sementara. Pada tahapan ini diharapkan warga ambil bagian mengecek namanya terdaftar atau tidak. Ada atau tidak dalam daftar pemilih yang sudah meninggal, itu tahapan yang tepat perbaiki data akurat,” kata moderator yang memandu jalannya diskusi. (Del)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *